Sabtu, 10 Oktober 2015

Cara Memilih Ajakan Trip


Banyaknya tempat wisata di indonesia membuat wisatawan untuk berkunjung, dan mulai booming-boomingnya setelah ada film 5cm dan acara televisi yang mengenai wisata yang tak asing lagi di telingan My Trip My Adventure.
langsung aja berikut ane kasih trik Memilih Ajakan Ngetrip

bagi rekan-rekan backpaker yang :
- belum banyak tau mengenai destinasi wisata, perkiraan biaya, maupun contact person terkait
- enggan mengatur perjalanan dan pergi seorang diri
- tidak punya waktu mengumpulkan orang2 yang hendak diajak berpergian bersama

yang akhirnya memutuskan untuk mengikuti ajakan trip pengada trip ( TS ), hendaknya kenali dulu tipe TS yang kalian inginkan.

1. SHARING COST
tipe ts ini adalah ts yang membuat ajakan trip tanpa memungut biaya jasa, semua biaya yang dibudgetkan hanya untuk keperluan trip seperti : transportasi, akomodasi, konsumsi, biaya masuk dan perijinan, dan guide/instruktur.
poin + :
selain biaya yang kita keluarkan lebih murah dari paket tour, kita juga bisa mempelajari budgeting dari destinasi tsb( apabila dibuka transparan di forum ajakan trip nya ). dan biasanya mereka bersedia memberikan informasi contact person terkait trip, sehingga kita punya refrensi contact apabila hendak kembali mengunjungi destinasi tersebut nanti nya.

pertanyaan :

1. lalu biaya tlp dan inet ( marketing/promosi ajakan trip ) si TS apakah termasuk ke dalam budget trip?
harusnya menjadi budget pribadi, karena peserta lainnya juga mengeluarkan biaya yang sama

2. apakah biaya perjalanan TS ditanggung rombongan ( dimasukan ke budget trip ) ?
harusnya tidak.
pengalaman saya sebagai TS biasanya saya dapat jatah gratis dari orang kapal/ cathering/ dll, karena saya bawa rombongan banyak ( pintar2 si TS saja melobi contact person masing-masing )

3. apakah bisa dijadikan jaminan bahwa budget trip lebih murah dari tour&travel ? tidak juga.
karena setiap TS punya contact person yang berbeda-beda dengan harga yang bervariasi juga. ada baiknya untuk membandingkan dengan ajakan trip lainnya dan pilihlah yang sesuai dengan gaya trip dan budget kita

2. Tour & Travel / Travel Agent
tipe ts ini adalah ts yang membuat ajakan trip dengan memungut biaya jasa.
biasanya mereka tidak memberikan informasi rincian biaya, hanyak informasi paket tour yang mereka jual saja.

poin + :
mereka mengatur hampir semua keperluan utama saat trip dan sudah membuat susunan acara, kita tinggal duduk manis dan menikmati tiap objek wisata dengan lebih maksimal

pertanyaan :

1. apakah yang harus dipertimbangkan dalam memilih TA dan menghindari penipuan ?
- tidak ada salahnya membandingkan harga antara 1 TA dg yang lainnya.
cari trip dg destinasi sama di next trip atau coba browsing ajakan trip dengan destinasi sama, bandingkan harga yang masih update ( misal : periode keberangkatan di tahun yg sama / setelah kenaikan bbm )

- selain itu usahakan utk mengetahui reputasi TA, dengan bertanya pada agan/wati yang pernah ikut trip si TA sebelumnya ( buka saja menu 'track' di profile TA dan coba kirim private message ke beberapa peserta si TA )

- lihat dan pelajari informasi pribadi si TA ( stalking facebook, twit, path,etc ), untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin mengenai TA.

2. bagaimana kalau kita tertipu ?
- sedapat mungkin coba di selesaikan secara kekeluargaan dengan si TA. apabila tidak ada respon positif dari TA, kita bisa mengikhlaskan atau melanjutkan ke jalur hukum

- apabila permasalah seperti keterlambatan atau keteledoran TA saat trip yang menyebabkan kita tidak menikmati fasilitas yang dijanjikan, komunikasikan dulu dengan pihak penyeleggara trip. apabila dampaknya sangat merugikan, kita bisa minta kompensasi atau pengembalian biaya sesuai dengan kerugian yang kita alami.

alasan saya menjadi TS :
-dapat menentukan tanggal perjalanan
-dapat menentukan itinerary ( lebih lama disuatu tpt bagus, dan sekedar lihat/foto saja spot yg biasa saja )
-mempunyai banyak kenalan baru di tiap daerah dan teman seperjuangan trip

tips membuat trip sendiri :
- untuk mencari contact person, tidak harus sudah pergi ke suatu tempat untuk bisa membuat trip kesana, cukup browsing di google, kaskus, etc.
- jangan lancang juga bertanya ke org yg belum dikenal mengenai contact person. lebih baik dan santun, membuat forum sendiri untuk bertanya.
- coba baca artikel2 perjalanan orang lain dan buat itinerary / rundown destinasi tujuan
- jangan takut membuat trip sendiri, silahkan minta masukan dari para sesepuh bpi di forum atau minta bantuan dari calon peserta

happy backpacking n travelling  Love
Tetap semangat dan jaga kesehatan selalu.........................
My Trip My Adventure

Tidak ada komentar:

Posting Komentar